Pages

Sabtu, 31 Oktober 2015

Mampukan Best Album AKB48 Mengalahkan Rekor Penjualan Album Sandaime J Soul Brothers dan Arashi?

Cover No. 1 Edition
Guna memperingati sepuluh tahun kiprannya di indutri hiburan Jepang, AKB48 merilis Best Album di penghujung tahun 2015 ini. Album yang diberi judul 0 to 1 no Aida ini, rilis dalam empat edisi, yakni tipe A merupakan edisi single-single nomor satu di chart Oricon, tipe B berisi single-single yang terjual lebih dari sejuta keping dalam tempo sepekan, tipe selanjutnya adalah edisi komplit yang berisi seluruh single yang pernah dirilis AKB semenjak debut indie mereka, dan tipe yang terakhir adalah edisi teater.

Pertanyaan yang mencuat kemudian adalah, akankah album ini mampu menjadi album dengan penjualan terlaris tahun ini?

Planet Seven Album Cover 

Sebagaimana diketahui penggemar J-pop, best selling album sejauh ini dipegang oleh grup Sandaime J Soul Brother. Grup cowok yang benaung dibawah mega grup Exile Tribe tersebut merilis studio album kelima mereka yang berjudul Planet Seven pada awal tahun 2015. Tercatat, album yang dirilis dalam lima tipe tersebut terjual hingga 855.215 keping.

Promo Pict Japonism

Selain harus mengalahkan rekor Sandaime JSB, AKB48 juga harus berhadapan dengan salah satu grup besutan Johnny & Associates, Arashi. Grup idols pria yang dikomandoi Matsumoto Jun ini baru saja merilis Japonism album ke-14 mereka pada 21 Oktober lalu. Pada pekan pertama, album yang dirilis dalam tiga tipe ini telah mencatat penjualan hingga 820.208 keping. Angka yang solid untuk sebuah album yang dirilis hanya dalam tiga tipe. Hasil ini juga mencatatkan peningkatan dari album Arashi sebelumnya The Digitalian (2014) yang terjual lebih dari 660.000 keping di pekan pertama.


Jalan menuju gelar best selling album 2015 tampaknya takkan mudah bagi AKB48. Akan tetapi mengingat album ini mengandung banyak kenangan, fans mereka tentu tidak akan melewatkan. Dan apakah AKB48 akan mampu mengungguli Sandaime J Soul Brothers dan Arashi? Semuanya akan terjawab pada November nanti. 

6 komentar:

  1. Arashi rilis album lagi? Weleh udah waktunya bangkit dari kubur ane. Digitalian kurang di kuping ane, moga2 yang ini masuk.

    Btw mana nih prediksi senbatsu 14th nogi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di album baru ini ane suka Sakura, enak gan di kuping, agan udah ngecek?

      prediksinya nyusul ya hehe RL lagi ribet, draftnya masih disusun lol

      Hapus
    2. Ane lebih suka 伝えたいこと ,, it's classic & japonesque yang asik buat goyang.

      Hapus
    3. lol ane kemaren lihat live act-nya pas mereka perform di Music Station. lumayan sih tapi err.. bukan selera ane kali ya lol

      Hapus
    4. Hmm, selera sih itu. Arashi buat ane kaya Backstreet Boys, boyband yang bener2 jual image & musik yang saklek. Main aman dengan bertahan di jalur mereka.
      Kalo ane pingin liat performance ya alih ke TVXQ ato Exile. -and 2PM, back in their glorious days.

      Hapus
    5. bwt ane Arashi tetep no. 1 diantara grup2 JE. karena mungkin ane cuma casually ngikuti mereka kali ya, jd sekali ga nyantol di kuping ya ga dilanjut. lagu-lagu 3JSB lbh sukses masuk ke liang telinga. tapi mungkin karena style musik mereka
      untuk grup hallyu, ane respek dg grup2 yg mulai dr bawah, tapi ga terlalu bisa mengikuti followers yg muncul kemudian, ane bosen kali ya melihat hallyu act yg repetitif. sempet berharap sama PRITZ, meski nyata2 mereka berkiblat pd Babymetal, still untuk konteks Korea, industri musik mereka butuh variasi sebelum arus minat terhadap mereka menyurut. Setuju sama komentar G-Dragon, K-pop hari ini just same

      Hapus