Pages

Minggu, 27 September 2015

Pesona Girls Group Jepang: dari Nogizaka46 Hingga Babymetal

Beberapa tahun belakangan aku tertarik mengikuti perkembangan dunia showbiz jepang. Salah satu yang aku amati adalah seksi girls group. Menarik melihat grup-grup Jepang berkembang dengan sangat unik dan tampak berbeda dengan format yang sering kita saksikan di Korea Selatan, Amerika Serikat,  maupun belahan benua lain.

Jika kita berbicara tentang dunia grup Jepang, khususnya grup wanita khususnya idol, barangkali pikiran kita akan otomatis tertumbuk pada AKB48. Hal ini wajar sebab di luar Jepang nama mereka memang lebih menggema dibanding grup lain. Grup raksasa ini sensasional karena jumlah membernya yang fantastis, format yang sangat unik, dan ekspansi bisnis yang agresif.  But well, aku pun demikian, meski AKB48 bukan grup idola pertama yang kuketahui, tapi mereka adalah grup pertama yang membuatku penasaran dengan cara kerja dunia idol Jepang secara umum.

Kini, dengan bertambahnya wawasan tentang grup-grup wanita Jepang, tak pelak ketertarikanku pun mengembang sekaligus meluas. Saat ini aku mengikuti beberapa grup. Nah, di tulisan ini aku akan menjabarkan sedikit tentang grup-grup yang tengah aku dukung, baik dari kalangan idols group maupun jenis girls group lain.

Girls Group

1.       Nogizaka46

Nogizaka46 (line-up single ke-12 )

Grup ini dipromosikan ke publik sebagai rival resmi AKB48. Awalnya aku skeptis sama mereka. Aku masih AKB-minded, jadi karena mereka rival, tak elok jika berbelok hehe. Tapi seiring menurunnya kualitas musik AKB dan mulai jengahnya aku dengan sistem kennin yang berlaku, perlahan aku melirik mereka. Ternyata mereka menarik! Musiknya on par dengan era awal AKB, konsep mereka yang lebih ‘berkelas’ juga berhasil meraih simpatiku. Aku bukan penggemar gravure, dan mereka tidak terlalu banyak melakukannya. Sejauh ini bikini shot hanya berlaku bagi member dengan usia di atas 20 tahun, itu pun terbatas dalam photobook,  oleh karenanya aku lebih respek sama mereka.
Hingga saat ini Nogi telah merilis 12 single. Kendati belum genap empat tahun berdiri, single terakhir yang mereka rilis telah mencapai penjualan hingga 600an keping dalam pekan pertama. Meski belum mampu menyalip AKB dalam hal penjualan single dan popularitas, tapi perkembangan mereka stabil dan konsistensi mereka dalam menampilkan lagu-lagu yang berkualitas patut diapresiasi.

2.       Babymetal

Babymetal

Sebenernya aku bingung juga, karena mereka bukan cuma terdiri dari cewek. Trio Suzuka-Moa-Yui diiringi oleh band yang awesome bernama band Dewa, eh kami-band. Tapi karena mereka masih mengklaim diri sebagai idol group, jadinya aku masukkan list GG yang kudukung. Bagi pecinta jejepangan dan musik metal, nama Babymetal tentu tak asing lagi. Konsep mereka yang gila dengan memfusi metal dan musik idol sukses mencuri perhatian dunia. Mereka nyentrik, nyleneh, dan mengagumkan di saat yang bersamaan. Ditambah lagi aksi panggung mereka juga sangat radiant. Sulit untuk diabaikan!
Kisah pembentukan mereka pun cukup menarik. Babymetal awalnya semacam sub-unit Sakura Gakuin, idol group yang beranggotakan gadis-gadis SMP. Meski sekedar sub-unit, penampilan mereka di Tokyo Idol Festival justru mendapat perhatian lebih. Video penampilan mereka dengan cepat menyebar di internet. Ketenaran dunia maya pun mereka raih, tidak hanya di Jepang, tapi juga di level internasional.

Sakura Gakuin (2010)

Sebagai grup yang terhitung masih muda, Babymetal pelan tapi pasti meniti jalan mereka di panggung showbiz Jepang yang kompetitif. Baru-baru ini konser mereka tercatat di urutan ke sepuluh sebagai konser yang ingin dihadiri berdasarkan survey yang dilakukan oleh Nikkei. Cukup membanggakan, mengingat nama besar seperti EXILE di urutan belasan dan AKB48G di urutan ke dua puluhanan.
Jalan sukses mereka menginspirasi pekerja hiburan untuk membentuk grup dengan konsep serupa. Pertengahan 2014 lalu, muncul PRITZ, grup cewek dari KorSel mengusung konsep yang hampir sama dengan mereka. Di Jepang sendiri tak kurang pula yang mengadopsi konsep fusi antara metal dan musik idol, sebutlah Kamen Joshi, Ladybaby, dll.

3.       Little Glee Monster

Little Glee Monster

LGM aktif mulai tahun 2013. Hingga pertengahan 2015 ini mereka telah merilis dua EP dan merilis single beberapa bulan lalu. Awal tahu mereka aku cukup terkesan, tapi tidak segera tergugah untuk mencari tahu lebih jauh tentang mereka. Baru setelah mereka mengisi soundtrack untuk dorama Omotesando Koukou Gasshoubu! aku benar-benar terpikat.

Hasil gambar untuk Omotesando Koukou Gasshoubu!
Omotesando Koukou Gasshoubu! (2015)

 Grup vokal yang terdiri dari cewek-cewek muda berbakat ini sangat menakjubkan. Suara mereka merdu, lagu mereka indah. Sangat menyejukkan melihat mereka berkembang di tengah kerumunan grup idol. No offens, tapi emang rata-rata idol Jepang tidak mengedepankan skill menyanyi dan menari, jadi kehadiran mereka cukup membuatku angkat topi.



4.       Rev. from DVL

Rev. From DVL

Buzz seputar Rev. di dunia maya Jepang berawal dari pembicaraan tentang seorang Hashimoto Kanna, idol  yang dijuluki ‘once on hundred year’.  Grup yang berbasis di Hakata ini meramaikan idol bloom sejak 2011 sebagai grup indie, dan mulai mencuri perhatian sejak 2013 ketika video penampilan mereka di sebuah departement store ramai dibicarakan di dunia maya. Pada 2014 lalu mereka mendapat kesempatan debut mayor dan merilis ulang lagu Love Arigato. Pencapaian mereka memang menakjubkan, berawal dari grup daerah lalu perlahan menembus pasar nasional.

Hashimoto Kanna

Karena berbasis di daerah yang sama, Rev. dan HKT48, salah satu sister grup AKB48, sering kali dibanding-bandingkan. Cukup banyak fans HKT48 yang menyayangkan saat Hashimoto Kanna memutuskan tidak mengikuti audisi generasi ke-3 HKT. Dan, keputusan tersebut tampaknya memang tepat. Bersama Rev. Kanna kian bersinar dan mampu meraih berbagai awards. Kendati secara popularitas grup mereka masih di belakang HKT48, tapi Hashimoto Kanna sebagai seorang idol telah melesat jauh di depan member-member muda AKB48. Meski keberjalanan mereka dari luar tampak sangat bergantung dari interest publik terhadap Kanna, tapi sebagai sebuah grup yang meretas karir di panggung showbiz dari nol, mereka layak untuk didukung.

5.       GEM (Girls Entertainment Mixture)

GEM  (Girls Entertainment Mixture)

GEM merupakan grup bentukan iDol Street, sub-lebel Avex yang juga menangani grup idol SUPERGiRLS dan Cheeky Parade. Rentang waktu antara pembentukan grup dan perilisan single debut mereka terhitung panjang. Menejemen mengumumkan pembentukan pada Desember 2012 dan single debut mayor mereka baru dirilis pada 1 Januari 2014. Sejauh ini mereka telah mengeluarkan lima single.
Tema khas GEM adalah batu permata (gemstone). Para member yang terdiri dari sepuluh gadis manis memiliki batu khas masing-masing sebagai identitas. Identitas tersebut melekat dan tampak secara fisik terutama dalam detail kostum mereka. Berikut ini adalah nama member dengan jenis batu permata mereka.
1)      Hirano Sara  (Peridot)
2)      Ito Chisami (Pearl)
3)      Iyama Maho (Fire Opal)
4)      Kanazawa Yuuki (Amethyst)
5)      Kumashiro Jurin (Black Diamond)
6)      Minamiguchi Nana (Aquamarine)
7)      Morioka Yu (Citrine)
8)      Murakami Rana (Emerald)
9)      Oguri Kako (Alexandrite)
10)   Takeda Maya (Star Ruby)




Gaya musik mereka memiliki kemiripan dengan E-Girls. Lagu-lagu mereka memiliki nuansa elektro yang kuat, easy listening, dan bukan tipe elektro pop serampangan, jadi asyik buat nge-dance.

 
Kanazawa Yuuki (AKB48 gen-10)  & Kanazawa Yuuki (GEM)
       

Eh iya, GEM di-leader-i oleh Kanazawa Yuuki. Usut punya usut, gadis 22 tahun ini adalah mantan member generasi ke-10 AKB. Dalam karirnya di AKB, Kanazawa sempat turut berpartisipasi dalam dua lagu yaitu Ougon Center dan Anti. Selanjutnya ia memutuskan graduate pada Pebruari 2011, dan come back di panggung idol pada akhir 2012  bersama GEM. 

18 komentar:

  1. yang nomor 1 sama nomor 2, nogi sama babymetal bisa dibilang satu-satunya musik yang ane dengerin wkwk. nogi bisa dibilang rada aneh, produser sama, lyricist juga sama, tapi lagu-lagunya lebih berkualitas. kalo babymetal... sejak tau ini band ane hampir insaf balik ke masa sebelum 2011 waktu masih demen metal-metalan dan blom kena virus asia timur. Bener-bener bagus banget! Suzuka suaranya paten banget dan hampir gak pernah lipsync padahal dance-nya mayan nguras nafas. Sayang himetan gak bisa segemilang adeknya, tapi di nogi mayan sering jadi center undermember, mayan lah ya buat grup yang punya monster macem ikuta, nanase, shiraishi dsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tengah persaingan yg crowded di industri hiburan Jepang. Amuse, agensi yg menaungi BM, One Ok Rock, Perfume dll, kayaknya lebih gaijin friendly. Mereka ga menutup diri dari peminat luar negeri, ga heran kalau BM banyak menggelar tur internasional. Dan hasilnya resepsi dr negara2 luar Jepang positif banget. Ane mah udah klepek2 sama SU.. imut tapi garang lol, masalah lipsync, ya mungkin karena tuntutan dr pasar internasional. Di Jepang mah, lipsync biasa, kalo di luar ya bisa2 dihujat lah


      Himetan, konon awalnya ga seantusias SU untuk urusan jd idol tapi setelah adeknya bersinar bareng BM dia jd semangat. Perjuangan dia cukup mengharukan dr baris belakang Unders ke posisi center Unders. Saat ga masuk senbatsu sejak single ke-7, dia selalu bilang ke fans, aku gagal tapi aku akan terus berusaha. Yg bikin miris saat ia ga masuk senbatsu di single ke-13. seinget ane dia bilang, "aku gagal (setelah bekerja keras), aku tak tahu lagi apa yang harus kulakukan". ane harap Himetan dan Miona bisa masuk di single ke-14 nanti

      Hapus
    2. iya amuse punya 3 worldwide act yang terkenal lewat musiknya, bukan gimmick (BM,One OK Rock,Perfume). Trus liat lineup artisnya kayaknya familiar semua dah, sampe takeru sato sama lee sung gi juga anak amuse, manajemennya bagus nih dari aspek memaksimalkan talent pool.
      ya semoga himetan bisa masuk senbatsu, biar gak ketinggalan jauh sama su, amin!

      Hapus
    3. amin gan.. pas pengumuman senbatsu ke-13 katanya pada ngeributin Hiimetan juga gan, Katanya ada yg denger Ikuchan mengatakan sesuatu soal himetan yg ga masuk senbatsu. ane ga gitu dengerin bener2 sih.. tapi Hime udah pantes bangt masuk senbatsu,

      Hapus
  2. Fix ane terlalu males buat nyari tahu grup selain nogi BM & rev dvl. Nogi udah jelas alternatif terbaik buat yang bosen -atau muak- 48g, BM kombinasi unik idol & musik keras -even I was never consider myself as metalheads-, rev dvl gak akan pernah ane liat kalo kanna gak pernah viral, & then love arigatou, BANG! I love it. Grup lain di list ini butuh sedikit lagi artikel yang bikin orang semacam ane, whom even lazy to googling, untuk tertarik. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba sekali2 cek Little Glee Monster gan, kalau suka sama musik-musik glee ane jamin suka sama grup ini. secara musikalitas mereka oke banget. Sayangnya channel youtube mereka cuma bs dibuka di Jepang atau kalau mau ngoyo ya pake proxy lol. but they're damn talented!
      jpopsuki mungkin MV mereka tersedia, tapi ane belum pernah ngecek. ada fans yg juga bikin thread ttg mereka di Stage48

      Hapus
    2. Ini nih yang bikin ane suka sebel kalo mau cari info grup yang gak punya fanbase global; ribet gila bahkan buat sekedar cari videonya. Apalagi dari asia timur yang hurufnya bikin mabok. Sometimes I feel no differences between now and 10 years ago, just damn difficult.

      Hapus
    3. lol, ane juga kalo ga nonton Omotesando Koukou paling juga ga ngeh sama mereka. grup ato solois yg gaijin friendly sih kadang kalo ada waktu luang ane suka blusukan. Nah, yg lain biasanya kenal via soundtrack film, drama, atau anime
      ini sering jd bahan diskusi anak2 arama. Aturan Jepang yg konservatif pake acara ngeblok-ngeblok youtube ibaran galapagos syndrome..

      Hapus
    4. Dan yang paling ane benci, more often than not, musik mereka beneran pas di kuping. Forum dalem negeri yang suka kasih link juga sekarang udah nyebelin kebanyakan aturan.

      Eh tapi beberapa act juga bisa ditonton di youtube -i.e.goose house- apa ada law & prosedur khusus buat itu?

      Hapus
    5. blokir-memblokir act asal jepang tertentu di youtube setahu ane cuma dari label-label tertentu gan, contohnya SMEJ (makanya MV nogi susah diakses lol),
      goose house punya channel youtube mereka sendiri dan ga ada urusan sama label jadi ya oke2 aja.. kemaren sempet rame gegara youtube di amrik kena Red jd klo ga salah semua MV2 jejepangan ga bsa diakses.

      konsumen jejepangan emang kudu punya stok kesabaran lebih, ngedapetin materi2 mereka butuh efforts lebih,
      tp itu salah satu yg bikin apa yg didapet jd lebih valueble lol

      Hapus
  3. hahaha.. ada yg bahas tentang sakura gakuin XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ane bahas, sekilas doang tapi XP

      Hapus
    2. sempet suka sih sama IG yg satu ini, tapi sekarang sudah tidak pernah memantau perkembangannya ya jadi ditinggalkan..XD
      karena member kesukaan ane sudah grad XD

      Hapus
    3. usia membership SG cuma 3 tahun sih jd serasa numpang lewat doangXD
      tapi sistem kayak gini ada positifnya juga, setidaknya sang member lulus di usia muda dan masih punya kesempatan buat mengeksplor diri baik di dunia entertainment maupun di kehidupan biasa

      Hapus
    4. iya sih ada sisi positifnya untuk sang member juga di usia yaa terbilang cukup masih muda hehe
      tapi sang idola ane 'ayaka miyoshi' blm muncul lagi dilayar drama maupun movie..XD

      Hapus
    5. ane kurang tahu alumni SG pada kemana. tp yg pasti tidak semuanya terjun di kancah seni peran atau musik, boleh jadi alumni SG menggeluti modelling. tp boleh jd menghilang entah karena ga tertarik lanjut karir di panggung hiburan atau bs jg lebih pilih lanjut fokus ke pendidikan:)

      Hapus
    6. wah ayaka my oshi sekarang malah udah jadi lead actress gan di angel heart. itu masih running kok dramanya. btw SG yang angkatan pertama, setau ane sih semua sukses. kalo di dunia tarik suara paling sukses jelas babymetal, terus kalo acting ada muto,airi, sama ayaka. nene juga kalo gak salah udah lumayan sukses. cuman gak tau deh kalo replacement mereka gimana... kurang tertarik sama SG apalagi setelah 2013 soalnya suzuka-nya grad

      Hapus
    7. Nah, udah ada yg lebih paham soal SG, ane cuma casual fanXD

      wo, ane ga ngecek latar belakang lead actress-nya. cuma tahu kalo Miyoshi salah satu anak Amuse lol. Sip2, satu lagi bukti keampuhan Amuse.

      Hapus