Pages

Sabtu, 19 Maret 2016

Taiyou Knock dan Nogimono Gakari

Tok .. tok … halo, lama tak jumpa. Setelah hiatus cukup lama, saya akhirnya kembali hehe …  Untuk mengawali kebangkitan saya (?), kali ini saya akan menulis bahasan singkat tentang lagu utama salah satu single Nogizaka46. Lagu ini sebetulnya jarang saya dengarkan. Nah, karena jarang dan hampir tidak pernah saya dengarkan pascaperilisannya, ada hal yang tiba-tiba menyeruak saat saya memutarnya kembali. Tahu kira-kira lagu mana yang saya maksud?

Lagu itu adalah Taiyou Knock, lagu utama di single ke-12 Nogi. Sebelumnya, saya jarang menyentuh bukan lantaran Ikoma yang men-center-i lagu tersebut. Tapi, lebih karena lagu itu sendiri yang bagi saya kurang atraktif. Yah, sudah sering dibahas kalau Taiyou Knock tampak minus karena dirilis setelah lagu-lagu dewa sekelas Nandome Ao Zora ka? dan Inochi wa Utsukushii. Seingat saya lagu ini memang penuh kontroversi.  Selain Ikoma menjadi center, lagu ini juga dinilai cukup dekat dengan rasa dari lagu-lagu AKB.
Taiyou Knock-Nogizaka46

Terkait Ikoma, banyak kontra lantaran dia kurang populer dalam hal HS. Rekor HS-nya saat Inochi wa Utsukushii hanya meraih penjualan 4/22. Pun resource yang didapatnya dari kennin dengan AKB48 dianggap tidak sukses. Ikoma tidak mampu menjual habis satu pun blok HS-nya saat berpartisipasi di single AKB48. Namun dia justru diberi posisi center di single Nogi tepat setelah kennin-nya berakhir. Pergolakan tak dapat ditolak. Tudingan fans mengarah ke menejemen. Mereka menuduh menejemen memanfaatkan popularitas Nogi, yang terus menanjak setelah Shiraishi Mai menjadi center di single ke-6, untuk terus mem-push Ikoma ke hadapan fans baru. Perdebatan terus memanas kala penjualan pascahari pertama Taiyou Knock[1] memburuk, dan menjadi catatan terendah Nogi sejak single ke-5, yang ironisnya juga di-center-i oleh Ikoma.

Toki wo Kakeru Shoujo Live Action (2010)

Terlepas dari sederet kontroversi tersebut, ada hal yang beberapa waktu lalu saya sadari. Baru-baru ini saya memutar kembali lagu-lagu lama yang pernah saya unduh. Salah satunya lagu dari Ikimono gakari berjudul Toki wo Kakeru Shoujo yang menjadi lagu tema untuk film berjudul sama. Tidak berapa lama saya juga memutar kembali video Music Station Super Live 2015. Awalnya hanya sekedar ingin menonton ulang perform Sandaime J Soul Brothers. Tapi saat men-skip tanpa sengaja saya melompat ke penampilan Nogi. Dan tara … saya agak terkesima.

Toki wo Kakeru Shoujo-Ikimono Gakari 


“Eh .. ternyata bagian intro Taiyou Knock mirip dengan intro lagu Toki wo Kakeru Soujo-nya Ikimono gakari …”

Dulu sepertinya saya pernah membaca komentar rekan di forum yang menyebut-nyebut Nogimono gakari. Kala itu saya tidak terlalu mengikuti diskusi lantaran saya kurang antusias dengan topiknya. Saya jadi kepikiran apa dulu yang dibahas rekan-rekan itu soal kemiripan ini ya? Bagaimana menurut kalian, apakah sependapat?



[1] penjualan hari pertama mayoritas berasal dari Pre-order. Jadi diasumsikan, penjualan pascahari pertama adalah figure yang bisa memberi gambaran yang lebih jernih terkait keterterimaan sebuah single di kalangan fans dan publik. 

6 komentar:

  1. TK masuk top5 di playlist Nogi ane, kehadiran Tsuribori menggeser TK ke #6. Ane suka mungkin krn betul ada rasa2 old-AKB nya.
    Tau Ikimonogakari dari radio NHK, ternyata keren juga lagunya yg ini.
    Dan..kok mirip ya intro-nya? Haha ga nyangka ane serius XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ane emang ngerasa TK kebanting aja sama Nandome dan Inochi. Jd, dr phase yang melangit terus agak turun rasanya kurang siap. Kurang suka jg sama MV-nya. Terlalu melodrama untuk ukuran lagu musim panas. Tapi lebih prefer coupling song TK daripada coupling Harijuon.

      iya kan mirip, ane perlu cek ke orang lain. kali aja kuping ane perlu dibersihinXD

      Hapus
  2. kalo menurut ane sih kemiripannya gak gitu parah, apalagi cuman intro...
    kalo rasa akb, girls' rule lebih parah. untuk TK biarpun rasa akb tapi bagian interlude-nya musik mahal itu gan, btw girls rule bagian interlude-nya juga mahal deh,jazzy gitu. terus yang bikin single ini bagus banget MV-nya yang unreal, memanjakan mata banget deh pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yang ane juga intro, gan ^^"
      Kalo TK dg beberapa lagu AKB buat ane kerasa banget ga freshnya dr MV dan flava ala Ponytail dan Kachuya.

      Kalo Girls rule, mirip dg lagu apa gan? Pengentahuan ane ttg diskografi 48 udah ga begitu bagus setelah lost interest ke grup

      Hapus
    2. gak tau deh tapi ane dengerin girls rule sama TK di waktu yang bersamaan kalo menurut ane sih dua-duanya rasa akb, tapi namanya juga lagu summer, pasti rasa-rasa idol ceria banget..

      Hapus
    3. ane sama sekali ga ngeh kalo tune girls rule ada kemiripan dengan AKB. Ini kali pertama ane nemu pendapat demikianXD

      bener, tema summer mungkin yang bikin mereka mirip.
      Harijuon cukup cocok dirilis buat single summer

      Hapus