Pages

Sabtu, 09 Januari 2016

Idol Group Cewek Paling Bersinar di Tahun 2015 Versi GOO

 

Sebenarnya Ranking ini telah dirilis sekitar dua atau tiga hari yang lalu. Hm, biarpun udah ga up to date lagi, tapi belum terlalu dingin untuk dibicarakan. Jadi di postingan kali ini aku akan menampilkan ranking idol group cewek versi Goo, sebuah situs populer Jepang. Survey ini melibatkan 500 orang. Situs tersebut menyurvei idol group mana yang paling bersinar di tahun 2015. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut.


R
Grup
Persent.
R
Group
Persent.
1.
Momoiro Clover Z
11.6%
21.

KARA

0.8%

Tokyo Performance Doll

2.
AKB48
10.7%

Kamen Joshi

3.
E-Girls
10.2%
24.
Rev. from DVL
0.7%
4.
Nogizaka46
8.8%

SUPERGiRLS

5.
Perfume
8.3%
Juice=Juice
6.
Dempagumi. Inc
6.2%
27.
9nine
0.6%
7.
Shiritsu Ebicu Chugaku
4%
ANGERME
8.
Morning Musume’15
3.9%
PASSPO☆
9.
NMB48
3.7%
LinQ
HKT48
31.

Otome shintō

0.5%
11.
SKE48
3.2%
Fairies
12.
BABYMETAL
2.6%
2NE1
13.
Flower
2.5%
34.

Tokyo Girls' Style

0.4%
14.
μ's (muse)
2.3%

Beddo In (bed in)

15.
Dream
1.8%
36.

Drop
0.3%
16.

-ute

1.4%

Yurume rumo!

17.
Shojo Jidai/SNSD
1.3%

Linda III

18.
BerryzKobo
1.2%
39.

Lyrical School

0.2%

BELLRING Girl Heart

19.

Team Syachihoko

1.1%

I Ris

Happines
42.
BisH
0.1%
sumber data:

Komentar

Ranking ini merefleksikan idol group mana yang paling bersinar di tahun 2015 berdasarkan pendapat pembaca. Komposisi Top 5 tidak jauh berbeda dengan ranking rekognisi publik terhadap group perempuan yang dirilis oleh Nekkei Entertainment pertengahaan tahun lalu.

Momoiro Clover Z di Film The Curtain Rises
Momoiro Clover Z berada di posisi puncak dengan mendulang vote sebesar 11.6%. Bukan hal mengejutkan. Mereka sensasional. Bukan dalam artian buruk. Barangkali dalam hal penjualan mereka tidak seagresif AKB48 atau bahkan Morning Musume, tapi power mereka berada di konser dan live act yang gila dan fantastik. Aku sih kurang suka dengan lagu-lagu mereka, tapi emang bener konser mereka pecah gila! jadi ga heran mereka bisa me-outrank grup cewek lain. Awal tahun 2015 member-member Momoclo membintangi film yang cukup bagus berjudul The Curtain Rises. Resepsi publik terhadap film mereka positif dan Hochi Film Awards mengganja mereka dengan sebuah penghargaan spesial. Lalu akhir tahun tahun mereka mengumumkan bahwa mereka graduate dari event yang diselenggarakan NHK, Kohaku Uta Gassen. Mereka tak punya skandal mayor dan pekerja keras, dan tak heran jika publik mendukung mereka.

SSK single ke-41 AKB
AKB48 berada di urutan kedua. Kelulusan massal member, penurunan penjualan dari berbagai margin, skandal, dll mewarnai sepanjang tahun 2015 mereka. Sinar mereka meredup, tapi mereka masih mampu bertahan dan belum ada grup lain (kecuali Momoclo tentu) yang mampu menyalip. Awal tahun lalu sempat terdengar isu bahwa Aki-p akan membentuk megagrup JPN48 dan menjadi main act yang membuka Olimpiade 2020. Banyak komentar negatif yang menyerang grup 48 terkait isu ini.  Bagaimana keberlanjutan drama di grup 48? Hm, menarik diikuti. Tapi aku pribadi sudah hampir kehilangan interest pada grup ini. Sekarang hanya casually ngecek mereka dan lebih senang berpetualang ke fandom Noggi, H!P, dan grup-grup underground.


E-Girls ada di posisi ketiga, Congrats!! Grup yang terdiri dari vokalis dan performer ini adalah EXILE dalam versi perempuan. Influence barat dan sedikit K-pop mewarnai gaya musik mereka. Tapi jangan bayangkan kemasan mereka sama dengan K-pop. Tidak, mereka tidak seagrisif Korean act. Mereka cool tapi tetap cute. Satu hal yang patut diapresiasi adalah, mereka seolah menyangkal konsep yang ditawarkan oleh idols tradisional Jepang yang identik dengan seragam sekolah dan lolita things. Mereka mengenakan  kostum yang stylish dan sesuai usia.

Penampilan Nogizaka46 di Kohaku Uta Gassen
Grup biasku ada di posisi keempat: Nogizaka46!! Good position. Mereka masih on rise, penjualan naik dengan stabil, makin banyak job di luar grup bagi para member, dan puncaknya di penghujung tahun 2015, mereka diundang ke Kohaku. Sayangnya Nagashima Seira dan Fukagawa Mai mengumumkan akan lulus di tahun ini. Sebagai salah satu grup yang mengandalkan tiket jabat tangan dalam penjualan single, kehilagan dua member akan memberi efek yang cukup besar. Terlebih MaiMai adalah top member dan Seirarin adalah mid-tier member. Well, departure mereka mengandung sisi positi dan negatif bagi grup. Negatif, salah satunya masalah HS tadi, dan positifnya member muda dan generasi dua akan mendapat peluang lebih untuk mengisi spot yang ditinggalkan dua member tersebut. Semoga tahun ini Nogi bisa makin naik dan mencetak hits di publik.

Perfume, Screenshot MV Pick Me Up
Perfume ada diurutan kelima, popularitas mereka long lasting. Apa pasal? Selain karena tetap berusaha menampilkan musik yang bagus, faktor lainnya adalah personil yang tidak berubah, hole yang menjadi rintangan bagi grup yang lain. Ada yang bilang kalau personil Perfume nggak cantik. Hell, mereka pasti blind.
  
       Dempagumi. Inc,             Shiritsu Ebicu Chugaku,           Morning Musume'15

Dijajaran lower top 10 ada Dempagumi. Inc, Shiritsu Ebicu Chugaku, Momusu, dan NMB48 yang tie dengan adiknya HKT48. Tahun 2015 adalah tahun yang baik untuk Dempagumi Inc. mereka mengalahkan act yang lebih besar seperti Sekai no Owari dan BabyMetal di VMA Music Awards. Lagu mereka juga nge-jams banget dan MV mereka juga bagus. Shiritsu Ebicu Chugaku, juga tengah on rise di tahun 2015 ini. Aku tidak begitu mengikuti mereka, tapi aku dengar mereka sempat dipertimbangkan masuk penampil Kohaku tahun 2015.

Momusu baru saja kehilangan ace-nya, Sayashi Riho. Mereka memang tidak dalam popularitas yang prima, tapi aku mulai menaruh perhatian kembali pada grup ini. Lucunyaketertarikanku ini berawal karena fans AKB sering mengejek fisik member Momusu yang terbilang ‘gendut’. Tapi aku pikir biarpun gendut, si member yang diejek malah cute lol.

NMB48
SKE48
NMB, HKT, dan SKE berada di ranking 9 dan 11. Memang dari segi penjualan, NMB tidak setinggi SKE dan bahkan teracam disalip HKT, tapi tampaknya general public masih prefer ke NMB. Untuk urusan promosi, HKT adalah grup yang mendapatkan promosi yang signifikan dua tahun terakhir. Beberapa fans bilang, HKT sangat loveable karena grup ini mengingatkan mereka pada era awal AKB. Aku sih tidak memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap ketiganya. Tapi kalo milih mana yang paling kusuka, aku pilih NMB. Meski aku ga suka sama Watanabe Miyuki (bukan hater, cuma ga suka chara dia aja), tapi aku akui mereka entertainer yang menarik.

Kamen Joshi
Flower
untuk selebihnya, aku seneng lihat BabyMetal dan Flower nge-rank cukup tinggi. Dan masih menanti kapan mereka bisa lebih sukses di Jepang dan meng-outrank sister group AKB. Kamen Joshi awal tahun 2015 mengejutkan publik dengan memincaki chart oricon, dan secretly I wish mereka bisa dapet kesempatan debit mayor seperti Rev. from DVL. Dan Rev. sendiri ngerank di bawah Kamen Joshi di posisi ke-24. Sebagai grup, aku cukup mencemaskan Rev. mereka sangat tergantung pada Hashimoto Kanna. Rev. bisa debut mayor karena Kanna, dan bayangkan saja jika tiba-tiba Kanna memutuskan untuk solo karier. Tak ada harapan bagi Rev. untuk bermain sebagai grup idola nasional.  Dan apdet terbaru dari Rev. penjualan single yang mereka rilis baru-baru ini tampaknya tidak begitu baik. Kemungkinan besar akan mengalami penurunan dari catatan penjualan single sebelumnya. Padahal interest publik pada Kanna masih tinggi. Mungkinkah efek boikot dari fans Nagisa? still have no idea.
BiSH

BiSH mucul di ranking bontot. Aku suka lagu-lagu mereka yang kental dengan nuansa punk. dan yang baru buatku adalah Beddo in atau Bed in. Nama mereka aneh bukan? dan setelah nge-browse agak melotot juga lihat konsep grup duo ini. Dari namanya saja sudah cukup mencerminkan konsep grupnya yang dewasa dan bikin aku begidik. like, are you serious?

23 komentar:

  1. International recognition bener2 kurang berharga ya di jepang. Share Babymetal cuma 2.6%, tapi bisa dibilang bagus karena mereka genre metal yang bukan popular music. .

    Bed in? Terinspirasi dari john lennon & yoko ono kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, publik Sepertiya memang ga terlalu peduli. Tapi udah lumayan lah gan. Waktu sesi talk di MSte, kedua MC udah menginggung sukses internasional mereka. tp konsep tradisional memang masih jd selera mainstream.

      terispirasi maksudnya? Ane malah kaget pas tahu pertama kali tentang mereka. seperti "WOW!"

      Hapus
    2. Sama kaya WSATCC, GBS, kalo di negeri sendiri. Populer di luar, kurang di dalam. Cuma babymetal skalanya lebih gede imo.

      Aksi bed in for peace john lennon buat nentang perang vietnam taun 1970. Mungkin ini grup ngambil nama dari situ.

      Hapus
    3. agan udah pernah cek mereka (Bed In) kah? Musik dan pengemasan aksi mereka?
      jujur ane baru ngecek pas lihat ranking ini. Dan emng mereka cukup seduktif dan "dewasa".

      Hapus
    4. Belum. Ada link tembusan? Malah nyasar kemana2 ane pake google.

      Hapus
    5. cek aja MVnya. ane kasih warning ya ini untuk orang dewasa. ga pake bikini kayak AKB sih, tapi lebih seduktif imo.

      https://www.youtube.com/watch?v=ahmgp5DyW64

      Hapus
    6. Music wise, cukup nyantol di kuping,. Tapi, apa mereka bisa dikategorikan idol? Sorry to say, tapi mereka gak kelihatan fresh.

      Cuma kalo liat MV nya, jadi malah pingin sembahyang.

      Hapus
    7. ga kelihatan fresh karena mereka eperti ibu2? atau konsepnya yang ga fresh?

      lol.. ane aja sampek istighfar

      Hapus
    8. Both, actually. Mungkin bakal jadi idol cuma di kabukicho.

      Hapus
    9. Dengan lawakan idiot yang dibikin akb barusan, mungkinkah nogi bisa nyalip mereka di rank tahun depan? Yang jelas share mereka bisa turun <10% kalo terus begitu di 2016, IMHO.

      Hapus
    10. entahlah kalau Nogi belum bisa mengeluarkan single yang bisa jd fenomena di publik mereka mungkin akan tetap stuck di nomor 4. Momoclo masih didukung banyak orang. Kecuali tiba2 mereka terkena skandal.
      bahtera AKB memang keropos. Tapi mereka masih telalu besar untuk dilampaui Nogi.
      E-girls punya rilisan yang punya range pendengar yang lebih luas pun mereka di-back up LDH.
      Nogi masih harus berbenah banyak.

      Hapus
    11. Right, tambah keropos karena mereka nyebar rayap di kapal sendiri. E-girls jelas bisa duduk di runner up 2016, dengan flow akb yang sekarang. Kalo ane prediksi sih 2016 : akb & nogi ada di angka 9%

      Hapus
    12. Jika kondisi nogi stabil seperti sekarang dan AKB yang terus melorot ya ane setuju sama agan. Tapi harapanku kalaupun Nogi bisa mengalahkan AKB, mereka mengalahkan bukan karena kapal AKB yang karam tapi karena Nogi memang relevan di publik.

      eh, denger-denger KARA dibubarkan ya? tadi sempet baca di forum Hallyu. tapi ga tahu cuma celotehan hater atau beneran.

      Hapus
    13. Padahal ane punya ekspektasi gede buat 14, cuma dicemari sama berita grad-nya maimai. Ternyata ada yang lebih sucks. Malesnya kalo entar image nogi -dalam banyak arti- ikut2an karam gegara 43rd.

      Kenapa diingetin lagi, aduuuuuh. T.T. iya KARA bubar, gyuri, seungyeon, hara ninggalin DSP, youngji stay. Padahal ane kira waktu nicole & kkangjji keluar udah yang paling buruk. Bad, bad week for Kamilia..

      Hapus
    14. sama. sebel juga sih. tapi kalau collab di b-side tipe E pula, masih bs menerima lah walau empet juga rasanya. Tapi lebih dari itu (HS, a-side etc), no thanks.

      wa, maap ^^". kaget aja. mereka dulu besar banget. just why? soory dulu cuma casual fan.

      Hapus
    15. Semoga cuma sekali ini aja ada proyek 46-48. Kalo bablas HS ato malah SSK, that's really F-something.

      Ane juga bukan Kamilia banget, lebih condong ke SNSD. Cuma setelah wonder girls hiatus lama, terus semakin jarangnya SNSD rilis baru, cuma KARA yang ane suka dari angkatan 2000. Katanya emang member gak mau memperpanjang kontrak, tapi emang udah ketebak dari lama soal disbandment, ini bukan pertama kali KARA bermasalah sama kontrak.

      Hapus
    16. ya harapanku sama. tapi selama Aki-P masih jd produser, mungkin sesekali mereka akan memiliki keterlibatan di AKB. heck, secinta-cintanya sama nogi ane masih yaiks kalo inget Nobibingo dan NogizakaShow

      K-Pop udak post peak kan. entahlah bagiku sekarang mereka semua terlihat sama. Cuma kalo denger grup2 gedhe yg sempet kulirik bubar, tetep disayangkan aja.

      Hapus
    17. Kalo nogizaka46 show, emang ane dasarnya gak suka sama konsep akb48 show, jadi setuju. Nogibingo, meski jiplak habis konsep akbingo, ane malah suka. Apa ya, nambah dimensi buat must be things on idol show, hal yang gak bisa difasilitasi penuh nogidoko & kojichuu.

      K Girls Group terakhir yang beneran ane nikmatin lagunya itu girls day & g-friend. Kalo ngelupain hebohnya girls day tampil sexy, vokal mereka berkarakter banget di k-pop scene. G-friend, meski harus diakui kualitas vokal mereka dibawah rata2, ane suka lagunya, ngingetin awal2 WG, SNSD, KARA.

      Yah old groups kaya KARA emang udah ketemu batas, hell yeah WG sekarang malah jadi band. Tinggal SNSD senior yang masih kuat di k-pop scene. Tapi taun depan udah 10th anniversary mereka dan mungkin mereka bakal disband.

      Hapus
    18. ane ga suka nogibingo karena udah ilfil duluan sama judul acaranya. tapi kalo judulnya ditutupi aku bisa menikmati lol

      aku udah meninggalkan K-pop lbih dari 2 tahun. jd kurang tertarik dengan yang baru-baru.

      miris juga ya. dilema juga, kalau pakai sistem graduasi, grup tetap ada tapi feel-nya akan berubah, tapi kalo pakai konsep girlband popuaritas akan lebih terjaga tapi lebih rawan disbandmen

      Hapus
    19. Tapi ane lebih suka sistem standar. Sistem generasi kebukti lebih banyak minusnya. Ya rilisan, image, sampe regenerasi itu sendiri.

      Hapus
  2. agak2 mengejutkan sih peringkatnya XD

    BalasHapus