Pages

Selasa, 24 November 2015

Best Album AKB48 Ungguli Sandaime J Soul Brother dan Terlibas Arashi


Beberapa saat lalu Oricon mencatat estimasi penjualan Best Album AKB48 di pekan pertama. Best album bertajuk 0 to 1 no Aida ini dilaporkan terjual sebanyak lebih dari 626.000 keping. Angka ini mengukuhkan 0 to 1 no Aida di urutan keempat penjualan pekan pertama album-album yang dirilis AKB48.

Angka yang diraih AKB48 ini cukup solid. Akan tetapi angka tersebut  belum cukup untuk mengalahkan Japonism, album Arashi yang dirilis bulan lalu. Japonism mampu terjual hingga lebih dari 820.000 keping di pekan pertama, dan saat ini dilaporkan telah menembus angka lebih dari 900.000 keping. Strategi penjualan Arashi tampaknya sangat jitu. Guna mendongkrak penjualan, Japonism dirilis dalam tiga versi, dimana setiap versinya berisi bonus yang berbeda-beda. Sehingga jika fans ingin mengoleksi semua  bonus dalam album ini mereka harus membeli ketiga versi tersebut.

Sementara jika penjualan pekan pertama AKB48 dihadapkan dengan penjualan pertama 3JSB, tentu AKB48 unggul dengan gap angka yang jauh. Meski demikian, apakah nantinya album ini akan mampu kembali mengungguli total penjualan Planet Seven yang dirilis 3JSB awal tahun ini atau tidak tampaknya masih perlu menunggu perkembangan di pekan berikutnya. Planet Seven, kendati penjualan pekan pertama lebih rendah dari 0 to 1 no Aida, tetapi memiliki grafik penjualan yang panjang. Di pekan kedua, Planet Seven tetap memuncaki chart Oricon dengan menembus angka penjualan hampir 110.000. Hingga pekan kelima, studio album ketujuh JSB tersebut masih terjual diatas 20.000 keping.

Rilisan album AKB48 kali ini merupakan best album. Best album sendiri adalah tipe album yang lebih mampu menarik perhatian general public. Bagi publik non-wota membeli koleksi lagu-lagu AKB48 dalam satu album lebih praktis dibanding harus membeli single satu per satu. Hal ini juga berlaku untuk semua grup maupun soloist secara umum. Rata-rata penjualan tertinggi seorang soloist ataupun grup diraih melalui rilisan best album. Oleh karena itu, kans album ini untuk tetap meraup angka penjualan hingga pekan ke depan tetap tinggi.


Yah, tapi dari catatan ini tampaknya telah jelas, peluang 0 to 1 no Aida untuk menjadi best selling album of the year kandas sudah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar