Pages

Minggu, 24 April 2016

Sekai no Owari Vs Gesu no Kiwami Otome, Band dengan Nama Nyentrik


Sekai no Owari (End of the World) dan Gesu no Kiwami Otome (Girl at the High of Rudeness). Dua grup band ini punya nama yang nyentrik. Ya, nyentrik dan unik. Dua-duanya band papan atas yang tergolong dalam angkatan muda. Mereka berhasil mengukuhkan diri di atas peta industri musik Jepang yang terkenal sangat crowded. Beraneka jenis act bisa kita temukan di sana. Dan bukan sembarang act yang bisa menembus rerimbuanan ini. Pasca gempuran idol di lanskap utama dunia musik, SekaOwa dan Gesu hadir dan sempat digadang-gadang menjadi pelopor era kebangkitan grup band.

Sekai no Owari


Sekai no Owari digawangi oleh empat orang; Nakajin (leader, gitar), Saori (pianis), Fakuse (vokalis), dan DJ LOVE (DJ, dan dikredit sebagai penanggung jawab comedy talk). Konsep mereka unik, aksi panggung mereka juga atraktif. Tak heran jika konser mereka laris manis dipadati penggemar.

Dari segi musik, SekaOwa identik dengan parade sound dan vokal Fukase yang khas dengan high pitch-nya. Jadi saat kita mendengarkan mereka, kita seolah berdiri di tengah-tengah sebuah festival atau pasar malam. Perjalanan mereka dimulai dari pasar indie di tahun 2007. Popularitas mengiringi langkah mereka di tahun 2010. Kemudian, semakin menjadi perbincangan hangat di seluruh negeri kala lagu mereka RPG menjadi viral di tahun 2013. Di tahun berikutnya mereka diundang ke panggung Kohaku Uta Gassen, acara musik akhir tahun paling bergengsi di Jepang.

RPG


Partisipasi mereka di Kohaku, memberi exposure besar dan berdampak positif pada penjualan rilisan mereka. Bedasarkan laporan Billboard Japan, studio album mereka, Tree, berhasil menyentuh sejuta keping dari penjualan fisik dan digital.  Mereka juga dipercaya untuk membawakan lagu tema Attack on Titan Live Action.

 Sukses komersil  tak serta merta melepaskan SekaOwa dari kritik. Konsep mereka yang penuh teatrikal dan komedi dinilai terlampau bermuatan gimmick. Jadi bukan musik yang menjadi daya tarik utama band ini. Selain itu, jika mengecek MV-MV mereka di youtube, Anda akan mendapati band ini banyak memperoleh dislike. Yah, ketidaksukaan publik cukup tinggi karena lirik-lirik mereka yang dipandang agak silly.

Geso no Kiwami Otome



Band ini unik dan prestatif. Sama seperti SekaOwa, Gesu juga beranggotakan empat orang; dua pria dua wanita. Kawatani Enon (vokalis, song writers, gitaris), Kyujitsu Kaicho (Basis), Chan Mari (keyboardis), dan Hona Ikoka (drummer). Sejak terbentuk tahun 2010 lalu, nama mereka cukup cepat dikenal. Masing-masing anggota adalah orang-orang yang berpengalaman dan pernah serta sedang tergabung dalam band lain. Maka tidak mengherankan saat mereka bergabung dalam satu ensamble, musik yang mereka produksi sangat terpoles.

Kritikus banyak memuji musik mereka. Kawatani Enon selaku sole song writer memberikan lirik-lirik yang dalam, gelisah, dan progresif. Tiga anggota yang lain masing-masing memiliki skill penguasaan instrumen yang tinggi. Mereka juga dipuji karena pembawaan yang ramah, humble, dan menyenangkan.

Watashi Igai Watashi ja Nai no


Mereka sangat bersinar di sepanjang tahun 2015. MV Watashi Igai Watashi ja Nai no menjadi music video yang paling banyak ditonton di Youtube. Mereka juga meraih penghargaan di beberapa ajang musik bergengsi. Dan mendapat kesempatan debut Kohaku.

Namun tampaknya keburuntungan tidak senantiasa membersamai mereka. Tepat setelah debut Kohaku, skandal besar menerpa. Enon diberitakan terlibat skandal pernikahan rahasia dan perselingkuhan yang melibatkan Becky, seorang talent wanita ternama. Bersama rumor pembubaran SMAP, skandal ini menjadi pembicaraan panas awal tahun.

Sorotan untuk Gesu berubah 180 derajat. Dari awalnya panen pujian, menjadi media darling, setelahnya beragam cibiran dan lontaran kebencian menyerang mereka. Sangat disayangkan memang. Skandal semacam ini tentu menciderai citra mereka yang karismatik namun friendly.

Entah berkaitan langsung dengan skandal ini atau tidak, namun penjualan album terbaru Gesu tidak memenuhi ekspektasi. Saya tahu banyak orang yang berharap album Gesu bisa sesukses SekaiOwa dan One Oke Rock.

My Cup of Tea

Yah, mau seperti apapun, kemunculan mereka di panggung hiburan mainstream memberi kesegaran. Dan dengan capaian tadi, tidak mengherankan jika berdasar survey awal tahun, kawula muda memfavoritkan mereka (dan E-girls) untuk urusan musik. SekaOwa punya musik yang terlalu kompleks untuk generasi yang lebih tua. Namun mewakili kegelisahan generasi muda. Sementara, Gesu cool dan karismatik. Mereka mengalir dan berpadu dalam band dengan sempurna.

Ini lagu SekaOwa favorit saya,
SOS


Dan, ini lagu Gesu favorit saya,
Otonatic


Saya suka musik mereka. Tapi jika ditanya lebih candong ke mana. I think I will stan for Gesu. SekaOwa playful, tapi gebukan drum Hona Ikoka lebih nagih. Fukase memang cute, tapi karisma alami Kyujitsu Kaicho lebih atraktif. So, my winner is Gesu no Kiwami Otome.

14 komentar:

  1. pernah mampir ke video yutubnya sekai no owari, kalo menurut ane sih gak bagus musiknya, mungkin banyak yang berpikir sama wkwk

    btw abis maen di arama, asli dah si roland gelo banget, admin malah ngajak ribut pembacanya. jadi ragu ane maen kesana lagi lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. musiknya SekOwa sebenernya agak aneh, liriknya juga. Ga heran kalo lumayan banyak yg ga suka. kalo ga biasa sama sesuatu yang eksperimental, resiko ga nyantolnya tinggi. Kadang ada yang bilang ih musik sama liriknya ga imbang and so-so.

      elah emang itu orang bikin gedeg. Sebenernya staff adminnya bukan cuma dia sih, tp berhubung roland doang yang rajin nongol jadi seolah-olah Arama adl tempat yang ga friendly. Dulu malah ane jadi penonton debat antar staff. As always, roland vs staff penulis yang lain lol

      Padahal seinget ane dulu waktu masih buka lapak di Live Jurnal ga gitu-gitu banget.

      Hapus
    2. wah parah itumah kalo sesama staf diajak ribut. di onehalyu dia lebih tengil lagi sampe bawa-bawa pencapaian dia direkrut japantime karena sok imba wkwk. Asli orang kek gitu minta dipites.
      sebenernya si ronald kaga salah sih karena emang indie lagi ngeri banget di yutub viewnya minimal belasan juta, rakyat jepang sekarang emang kayaknya lagi lebih suka indi daripada idol scene. cuman buset dah bacanya aja kesel wkwk

      Hapus
    3. itu orang emang bawaan orok kali ya. Maunya menang sendiri. Udah ah, malah bahas si Ronald duck sih, eh, ups. Lol

      Hapus
  2. Belum pernah denger gesu... tp kalo sekaowa agak2 sering sih. Menurut ane, lagu sekaowa playfull. Tapiiii.... cepet ngebosenin, pokoknya habis reff 1 ane langsung ganti video lain. Kayak ada something yang ngebosenin gituh nadanya.... tapi suka sih sama suara vokalisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SekaOwa emang rasanya kekanak-kanakan. tapi itu chramnya mereka. Ada yang bilang mereka mirip Kyary Pamyu Pamyu versi band, terutama Fukase, dia seperti versi cowoknya KPP. Ga tahunya mereka pernah jalan bareng lol

      Kalau bisa denger musik progressive, yang beraroma jazz, dengan sedikit sentuhan rock dan pop, Gesu bisa banget buat dicoba. Musik mereka funky. ibarat craft, well made bangetlah.

      Hapus
  3. weh weh bahas sekai no owari XD
    itu band kesukaan ane tuh XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woo, suka Sekaowa ternyata...
      lama ga kelihatan ke mana aje nih? Udah mampir ke kos Pak Conan yang baru belom?
      XD

      Hapus
    2. soalnya keren sama konsep yg di usung sama sekaowa...
      oh iya ada yg ketinggalan, sekaowa pun pernah kolaborasi sama owl city dg judulnya "TOKYO" single nya di rilis taun 2014 kemaren sih..
      hmmm... padahal sekai no owari vs man with a mission yg di bhs XD itu pun 2 band yg ane suka sekarang, ya walaupun masih ada OOR buat saya sendiri XD

      haha sibuk sama dunia nyata gan, jadi agak jarang juga XD
      wah ane blm tau tuh kos konan yg baru..

      Hapus
    3. Kos conan yang baru: anakamirikaru.blogspot.com

      Jangan tanya alasan di balik nama itu XD

      Hapus
    4. blog di blogroll paling atas itu blognya Pak Conan

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Jarang" nih ada yg bahas sekaowa & gesu setau aku fukase ama enon merka teman baik. waktu enon kena kasus fukase pernah tweet 'Whatever news there is about Enon-kun, I, because their music is great, I support the music that they make.'
    Aku suka dua"nya, tapi lebih suka sekaowa karna ingikutin ini band dari jaman indie :)
    Kuaranga setuju kalau dibilang kekanakan udah denger 'death disco' blom itu lagu buat orang atheis, rumor paling kencang fukase pernah kena ADHD waktu kecil yg mempengaruhinya dlm membuat lirik

    BalasHapus
  6. Wow Gesu, sekaowa, sm indigo la end band kesukkan ane juga.. hmm biarpun akhir2 ini lg tergila2 sm [Alexandros] XD anyway, musik mrk smua bgs disesuain sm mood nya aja dgrnya XD

    BalasHapus