Pages

Minggu, 24 April 2016

Sakamichi Series HS Talk: Kawan atau Lawan?

                             


Lagi-lagi berbicara tentang HS alias acara jabat tangan. Bedanya, kali ini saya tidak sekadar membagi info, tapi juga akan menuangkan kelebatan pikiran tentang event HS baru-baru ini.

Sumber: wiki48

Satu setengah bulan belakangan, kita menyaksikan performa Nogi dan Keyaki di chart Oricon. Nogi berhasil menembus 800k dan Keyaki mencatatkan nama mereka sebagai grup perempuan dengan pejualan single debut tertinggi dengan rekor 261k. Impresif.

Tanpa bermaksud menjatuhkan, tapi coba kita tengok grup tetangga. Yap, mari bertamu sejenak ke rumah keluarga 48.


SKE dan HKT merilis single di waktu yang berdekatan (NMB menyusul). Dan keduanya tak mampu melampaui capaian Keyaki. Ada banyak teori terkait penurunan (penjualan) kedua grup ini. Mulai dari komposisi senbatsu yang masih, em bagaimana menyebutnya ya, belum ada pada kondisi terbaik (SKE), minimnya promosi (HKT), alasan basis grup, hingga dekatnya tanggal rilis dengan event akbar 48, SSK.

Saya tidak akan membandingkan penjualan SKE, HKT, dengan Keyaki. Toh, sudah banyak yang melakukannya, dan cukup membuahkan perdebatan panas. Yang menjadi concern saya, jika benar penurunan ini terjadi lantaran SSK, err…, bolehkah saya mengutip pendapat sebagian fans 48? Bahwa AKB48 ‘memakan’ penjualan single adik-adiknya. Atau kasarnya, ada unsur ‘kanibalisme’ di sini. Bagaimana teknisnya, sudah banyak fans megagrup 48 yang membahasnya. Jadi ...
Mari kembali ke Sakamichi Series.  

Akhir pekan lalu, kedua grup 46 melaksanakan even HS; di waktu bersamaan. Tunggu, bersamaan?! Apakah mereka akhirnya memilih jalan yang sama dengan grup 48? Apakah Keyaki harus turut terjun ke even Jabat Tangan kakaknya?

Bukan. Bukan begitu.

Mereka, baik Nogi maupun Keyaki, memang melaksanakannya secara bersamaan. Tapi event digelar bukan di lokasi yang sama. Jadi, formatnya berbeda dengan even HS 48. Tidak ada member Keyaki yang ‘membantu’ Nogi menjual Harijuon di sini. Mereka berurusan dengan penjualan single masing-masing.

Berdasarkan report, event Jabat Tangan akhir pekan lalu adalah event HS Nogi yang paling pecah. Ramai dan, dari foto yang dibagikan di sosmed, mengular. Konon, antrian untuk MaiMai (Fukagawa Mai) adalah yang terpanjang. Fans mengantri hingga sepanjang 1,5 km, dan harus menunggu hingga empat jam. Wih, saya sendiri aja ngeri ngebayanginnya. Ngantri empat jam, buat jabat tangan beberapa detik dengan member. Bakal sakit semua tuh badan waktu harus kembali masuk kerja esoknya.

Di lain pihak, tidak seperti yang dikhawatirkan banyak orang, even Keyaki juga meriah. Mereka mampu menyedot atensi 10.000 orang untuk datang, dan merasakan interaksi langsung dengan mereka. Kalau dibanding debut Nogi dulu, jauuuuh … (Nogi dulu krik … krik … Apalagi mata publik membandingkan mereka dengan AKB48 yang kala itu ada di puncak popularitas. Ga heran kalo waktu itu 46 jadi bahan guyonan lol)

Sampai di sini, adakah dari kalian yang berpikir lebih jauh tentang alasan menejemen menjadwalkan event di hari yang sama?

Nah, saya sendiri punya  dugaan kecil (juga harapan sebenernya hehehe).

Sumber: Tieba Baidu

Jika HS event mereka terus dilaksanakan di waktu yang sama, apakah tidak membahayakan penjualan masing-masing grup? Bisa aja kan, satu orang nge-fans pada kedua grup dan ingin datang ke acara HS keduanya? Jika dilaksanakan di waktu bersamaan kan fans terpaksa pilih salah satu. Atau kalau punya modal yang lebih banyak, mereka harus datang ke even yang diselenggraakan di tempat selanjutnya. Sungguh repot!

Baru-baru ini salah satu akun di S48 melontarkan komentar bernada ‘pesimis’ kala melihat laporan penjualan HS nogi yang tampak melambat. Si X khawatir, perlambatan tersebut diakibatkan hype Keyaki saat ini. Sehingga, fans nogi beralih ke Keyaki. Kekhawatiran ini cukup masuk akal, melihat soliditas debut single Keyaki yang memukau. Bahkan mereka yang teguh nge-stan ke nogi mengaku, musim semi ini lebih banyak mendengarkan lagu Keyaki ketimbang Nogi.

Sumber: wiki48
Memang benar, apa yang di khawatirkan si X perlu diwaspadai oleh mereka yang masih menjadikan Nogi sebagai main fandom. Tapi, ada sisi positif yang bisa diambil jika benar Nogi dan Keyaki ke depan akan tetap merilis single di waktu berdekatan dan menghelat event Jabat Tangan di waktu bersamaan (maafkan saya karena tidak sempat mengecek, apakah jadwal HS event mereka selama musim semi ini selalu sama, akan lebih saya apresiasi jika di antara kalian yang mau mengecekkannya untuk saya xixixi).

Efek positifnya; mereka bisa membangun fanbase yang lebih otonom, hako oshi yang lebih banyak, dan lebih sedikit fans yang beririsan. Serta mungkin saja ini bentuk usaha menejemen untuk mencegah ‘kanibalisme’ penjualan di tubuh 46. Bagaimana pun resepsi publik nantinya, penjualan Nogi di-boost oleh fans Nogi, penjualan Keyaki di-boost oleh fans Keyaki. Karena saya pikir, akan menyakitkan jika salah satu grup harus ‘dikorbankan’ untuk menyelamatkan grup lain (grup induk dalam hal ini).  

 Pun relasi sistership antara mereka juga berbeda. Bukan aliansi, tapi rival, seperti kata Techiko waktu Debut Countdown Live. Mereka akan bersaing dalam mencari fans (untuk grup masing-masing) dan menarik perhatian publik. Bayangkan, baru muncul, keyaki sudah mencetak hit. Tidak hanya berbicara di chart fisik tapi juga digital. Sedangakan Nogi? Harijuon bahkan tidak mampu menembus top 10 penjualan digital[1]. Fakta ini harusnya menggugah Nogi dan menyuntikkan semangat untuk merealisasikan keinginan mereka untuk mencetak hit.

Lantas, jika berjalan sendiri-sendiri, kapan Nogi bisa mengejar AKB48 untuk jadi million seller?

Emm… million seller itu cukup penting untuk dikejar sih. Tapi menurut saya bukan hal utama yang harus dicapai. Sekadar kebutuhan sekunder, atau bahkan tersier. Menembus 800k dengan 36 member sudah pencapaian yang menakjubkan. Atau kalau memang ngebet banget buat ngejar sejuta, 800k ditambah 290k-nya Keyaki sudah terhitung lebih. Itu berapa coba hitung-hitungannya? 50an member kan.

Sudahlah. Ada yang lebih urgen; mencetak hit. AKB48 masih menjadi top of mind karena Heavy Rotation dan KFC. Bermodal hit, grup bisa mendongkrak visibilitas, entah di tengah casual fans maupun publik pada umumnya. Maka untuk benar-benar meretas jalan ke puncak lagu yang sukses menarik perhatian publik lebih penting dari sekadar obsesi sejuta copy.

Then, untuk menu tambahan ada info HS untuk album kedua Nogi. Tetapi saat ini saya masih terlampau malas untuk mentransliterasi, jadi tabel alokasinya saya tampilkan apa adanya hehe.

Sumber: Tieba Baidu


Jatah HS untuk album berbeda dengan single. Slot yang diberikan hanya separuh dari HS single. Jadi 15/15 adalah alokasi maksimal per membernya. Selamat Buat Kii-chan yang sekarang jadi member full blok. Jadi total member dengan alokasi maksimal kini ada 17 orang. 



Dan, sekali lagi Ikoma menjadi anomali. Kendati di single ke-14 dengan alokasi slot 18 dia berhasil sold out, untuk HS album menejemen hanya memberinya 9 blok. tepat di bawah Saito Yuuri yang memperoleh jatah 11 blok. Mengherankan karena penjualan terakhir Ikoma lebih bagus dari Yuutan. Ada apa lagi gerangan? Apakah gara-gara publikasi Ranking Ex-Taishu bulan lalu? Entah.




[1] penjualan digital dipercaya lebih mampu merefleksikan resepsi positif publik terhadap lagu. Konon, sebrannya begini; recochoku lebih banyak digunakan kaum dewasa. i-tunes lebih banyak digunakan kaum yang lebih muda.

18 komentar:

  1. klo mnrt ane single sister grup gk faktor yg bikin "must buy", malahan single AKB itu lebih menarik & lengkap. Tsubasa wa Iranai punya SSK voting ticket, Kimi wa Melody punya Unit Matsuri ticket, dan sebelumnya KnMB punya Request Hour voting ticket. Untuk HS, di single AKB menyertakan semua members dari sister grup. beda dengan 46G, ane fans Maiyan & Neru mau gk mau harus beli single Nogi46 & Keya46. beda di 48G, kalo mau ketemu Mayu, Sayanee, Jurina tinggal beli single AKB saja.

    Ane sih penasaran strategy SME yang bikin Keya46 satu wilayah dengan Nogi46 yaitu Tokyo (jd Aki-P punya 3 grup yg basenya di Tokyo, Nogi,Keya & AKB). Berbeda dengan strategy 48G yg mengambil wilayah lain untuk mencari fanbase baru. Memang Tokyo itu pusat entertaiment, akses lebih luas, pasar yang sangat besar (Tokyo sendiri 40 juta penduduk, dibandingkan dengan Fukuoka/HKT yg cm 4 juta orang atau grup baru 48G, Niigata yg cm 1 juta orang). Jadi rasanya Nogi46 & Keya46 ada persaingan langsung. bukan tdk mungkin klo fans Nogi46 hijrah ke Keya46 seperti fans AKB48 dulu yg hijrah ke Nogi46. Apalagi Keya46 debut termasuk sensasional bkn hanya penjualannya, lagu silent majority jg ngehits, yg katanya sekelas dgn lagu 365 milik AKB. Members dari Keya46 juga lebih potensial & masih bisa berkembang dibandingan dengan Nogi46 yang mungkin sudah melewati masa peak-nya, dan mungkin utk members 21+ cepat-lamban akan graduate. Apalagi Nogi46 masih bertumpu sm members first gen. bukan gk mungkin kasus AKB48 kembali terulang yang young-gen susah bersaing krn kurang kesempatan. Jadi kedepannya bakalan kesusahan members under-Nogi kalo harus meladeni Keya46. Ane jg penasaran dengan SME, apakah Keya46 bakalan dianak emaskan jika melihat perkembangannya saat ini. Jujur mnrt ane lebih menarik melihat persaingan antara Keya46 & Nogi46 kedepannya daripada, 48G vs 46G.

    maaf panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak perlu minta maaf kok, Gan. it's nice actually.

      Jujur begitu tahu mereka mengadakan HS event di hari yang sama langsung kepikiran konsep rivalship system dlm garis sistership mereka. Keyaki bukan adek yang dimanja kakaknya dengan memperoleh asupan-asupan khusus. Nogi juga bukan kakak yang melibatkan adek untuk mengatalisasi kenaikan penjualan. Ane berharap rivalship ini beneran kejadian untuk selanjutnya.

      urusan tarik-menarik fans, ya itu resiko. Resiko yang harusnya memompa semangat mereka. Tapi dengan begitu, imej mereka yang lebih less gimmickry (dr 48G) akan lebih terjaga.

      ane pun juga excited melihat persaingan internal di sakamichi series. Dg HS terpisah, mereka akan bersaing dengan lebih sehat.

      dan, permasalahan Nogi yang masih sangat tergantung pada gen 1. Yah, bahasan ini memang ga akan selesai. Dan, ancaman penurunan penjualan karena ditinggal pergi member populer adalah keniscayaan. Setahu saya tidak ada idol group yang tidak mengalami hal ini.

      Kalau menjadikan AKB sbg bandingan, survivenya mereka sejauh ini karna, maaf, mereka meminjam kekuatan sister group.

      Sistem nogi berbeda. Mereka tidak punya tim, tidak merekrut banyak member ( tidak semasif 48G), dsb jd kasusnya tidak bisa serta merta disamakan dengan AKB. Ane sendiri sempat berharap mereka bisa mengadopsi sistem JSB atau Perfume. Jadi pake sistem babat generasi atau sekalian member permanen. Tapi lagi-lagi mereka adalah idol grup. Jd problem penurunan performa karena rotasi member adalah masalah klasik.

      Hapus
  2. In short, Nogi keteteran melawan Keyaki saat ini, dan appreciate pada tecchi untuk menyatakan perang pada kakak. Inggris vs prancis, kalo ngutip engkong konno.

    Nambah satu lagi 30slot, alamat dilema ini buat 15th..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Tecchi emang monster. Bocah millenium yang menggoncang jagad peridolan. Ga habis-habis ane buat kagum sama dia. Meski member Keyaki nomor satu ane tetep Manaka, tapi ga pernah mimpi ane buat nge-push Manaka ke posisi yang lagi dipegang Tecchi. Biarlah Manaka seperti Nanami nantinya (tapi ane tetep berharap dia bs dapet center di small unit yang bagus nantinya).

      Hadehh, biarin menejemen ajalah yang pusing wkwkwkwk ... tapi namanya fans grup pasti ga bisa menutup mata akan hal ini. Salah satu member full slot diabaikan lagi. alamat akan ada resistensi dr fans (lagi)

      Btw, sedih Maiyan ga dpt solo di album ke-2 ini. Lega sih ga ada Keyaki. tapi ... harapan lagu solo untuk Maiyan pupus sudah. Mungkin dia baru akan dapet setelah ngumumin grad.

      Hapus
    2. Yah, ane sendiri gak terlalu ngarep Aka bakal bisa jadi center. 2nd row member untuk sekarang belum ngasih aura yang bisa ngalahin tecchi. Mona kayanya masih punya prinsip hemat energi ya XD.

      Manajemen pusing, kita bete. Tapi yah, semoga ada kejutan sedikit di 15th setelah datarnya 14th.

      Nah ini yang ane khawatirkan; saat fukujin grad, hadiah perpisahannya center+solo single. Buang2 kuota. Ini aja mana ada cinq etoiles?

      Hapus
    3. Ya, mata ngantuknya dia yang bikin ane kecantol (selain nama xixixi). Kayak tokoh anime, yang sekilas ga neko-neko, tapi begitu disuruh aksi serius, bisa, ciyat-ciyat, keluarlah jurus2 sakti.

      asal kejutannya yang asyik aje. pas lihat promo pict-nya ane lihat Ikoma di 1st row tuh. Ane lebih suka Ikoma daripada Miona, tapi karena Miona wakil gen 2, lebih muda dan lebih diterima fans, ane prefer Miona yang maju ke fukujin.

      lagu solo kelima buat nanase sodara... hadeh.. ga papa sih, tapi setidaknya kasih variasi genre lagu plisss...

      Hapus
    4. Dibanding Miona , ane prefer WakaRei sih maju ke Fukujin , tapi kalau Ikoma, takut HS Sale makin jatuh melebihi saat kennin

      Hapus
    5. Kalo wakarei balik fukujin, yang turun paling hoshimina.

      Mungkin rencana mereka ngasih 7 solo buat naachan dan kemudian dia grad. Mungkin.

      Hapus
    6. Wakarei apalagi. Kecenderungan ane ke mereka ada beberapa lapis di atas Ikoma. Tapi ane ga mau di-PHP, terlebih cuma Miona yg dari gen 2.

      @Mac
      naga2nya salty bener komen agan khikhikhi...

      Hapus
    7. Kali ini gak mencoba salty kok, cuma emang kepikiran apa ini skenario yang disiapin buat naachan. Gak bakal ada solo kedelapan karena dia nana.

      Hapus
    8. @Bakti, HS Iko mungkin ga akan jatuh sih. Tapi tetep pasti fans gemes lihat member yg perkembangannya berkali lipat lebih cepet dan juga lebih muda "disingkirkan" buat mengamankan dia.

      suka sih suka, tapi lbh pengen grup yang seimbang. Semua member member mengklaim posisi karena demikianlah level popularitas mereka. Cuma Iko, Kaz, dan Hoshi yang di-push melebihi cash yang dialirkan. Tapi Kaz dan hoshi bisa membawa uang scr optimal meski lebih lambat dr Wakarei, HImetan, dan Miona.

      @Mac. Wah, bener juga ya. Tapi ampun, ane udah mabok dg ballad. Yah, alasan pribadi, emang karena ane juga ngikuti solois cewek di luar nogi, dan ane pikir tipe solonya Nanase bukan yang akan laris manis di luar fandom. Bagus untuk tataran idol, tapi nggak untuk jalur pro. Kecuali dia mau menawarkan konsep ala Kyary Pamyu Pamyu, Ayumi Hamasaki, dll. Mereka gak stand out untuk urusan vokal tapi punya pengemasan yang oke. Dan tahu target pasar yang jelas.

      Hapus
    9. Buat ane sih, realistis aja deh, naachan will go nowhere kalo dia grad detik ini juga. Solo, kemampuan vokal plus teknik masih jauh untuk tembus ke pasar. Kecuali, dia punya progress yang steady mulai sekarang. Dan juga target pasar, kalo aja dia gak ada dibawah nama Sakamichi, semua solonya gak bakal didengar orang dua kali.

      Hapus
    10. Karier solo yang paling mungkin adalah modelling. Akting ga mungkin, kecuali dia mau jadi sekelas Tsubasa Honda, cantik iya tapi aktingnya adalah bencana. Well, no offense, tapi Nana juga ga se-eye candy Honda.

      Nyanyi mungkin sih. Tapi dengan suara dan teknik pas-pasan, dia butuh hal lain untuk ditawarkan. Jd solois biasanya harus pinter menggaet fans cewek, Nana blm terlalu kuat dlm hal ini. Dan, gubahan musik yang diberikan untuknya ya.. baru berkutat pada hal-hal melo. Variasinya masih jauh dari kata cukup.
      kalo emang mau dilepas jd solois, menejemen kudu berani mengeksplor dia.

      Hapus
    11. Jangan akting deh sumpah. Antara bakat peran mellow sama gak bisa ngembangin karakter itu beda loh.

      Kalo nyanyi emang masih bisa dikembangkan, tergantung apa manajemen bisa ngasih dia lagu dengan tipe lain. Udah kebanyakan solois gagal yang setipe naachan diluar sana, dan ane jelas gak ngarep dia juga bakal begitu.

      Hapus
    12. lihat 49 sama HB, ane udah yakin. Yakin kalo akting bukan jalan Nanase.

      Ya, ane sih mumpung Nana masih di grup malah lebih baik dibikinin single solo aja, kalo di grup kan dia masih punya wota. 50k tembuslah. Kalo udah lulus, wota-nya akan pindah ke idol lain. Dan dia malah bakal sulit meng-establish-kan karier solo. Kecuali dia punya skill stand out. Yakin, Avex bakal ngelirik.

      Hapus
    13. @madoka iya Kaz, Hoshi sama Ikoma lebih lambat perkembangannya dari WakaRei maupun Miona , ane prefer Kaz sama Hoshi jadiin Senbatsu biasa , Ikoma udah pas posisinya atau bisa lebih dipojok dikit , dan WakaRei maju , Miona ketengah dari 3rd Row , pas itu sih menurut ane XD
      @Mac. Solo Nanase kalau ballad lagi, hadeh membosankan sekali, sekalian dibikin solo single juga bakal laku karena dia punya fans yang loyal sepertinya , ane sih berharap Ikuchan dapet solo single , jadi jangan menuhin album dan single Nogi dengan lagu solonya , Iya Nanase belum punya skill yang stand out dan menurut ane nih ya performance dia juga belum sebaik Ikuchan, Maiyan dan urusan dance malah bagusan Ikoma dibanding Nanase. Eh udah ada bocoran Hasil HS Album ? Penasaran :v

      Hapus
  3. terakhir ngecek HS sih yang keluar baru single ke-14 ronde ke-15. Untuk album, penjualan ronde pertama belom ada yang sold out. Mahal beuts sih harga albumnya.

    BalasHapus
  4. tenang2 masih ada sanbanme no kaze XD

    BalasHapus